Jakarta (ANTARA News) - Sebuah tim insinyur berencana untuk pertama kalinya meluncurkan sebuah kapal selam pedal-boat di Riviera Perancis.

Dijuluki 'Scubster', kapal selam berwarna kuning dengan panjang 3,5 meter itu mengadopsi bentuk dari gadget mewah mata-mata fiksi James Bond.

Ditenagai oleh baling-baling kembar yang terhubung ke sabuk pedal, kapal mini bisa mencapai kecepatan 8 km per jam (5 mph) jika pilot dalam kondisi baik, dan dapat mencapai kedalaman 6 meter (20 kaki).

"Aku sudah di udara dengan mengayuh, di bawah air dengan motor saya dan sekarang bawah laut dengan kapal selam," kata Stephane Rousson, seorang yang turut andil dalam penemuan kepada Reuters.

Kapal dapat dioperasikan satu jam di bawah air di perairan Mediterania Cote d'Azur minggu ini dan sepenuhnya dikendalikan oleh tangan dan pedal. Tertutup rapat, penumpang bernapas dengan masker dan sebotol oksigen.

Apakah itu akan mendapatkan keberhasilan komersial masih harus dilihat, tetapi Rousson yakin bahwa ia mungkin menarik perhatian pasar high-end untuk pemilik kapal layar dengan 'kapal selam saku'.

"Dan jika kapal itu tidak mengambang, aku akan lombakan," kata Rousson (40) dari Nice, yang berencana mengambil bagian dalam lomba balap kapal selam Internasional 2011 di Amerika Serikat.

ANTARA