Lapan Uji Coba Roket Bermuatan Satelit

Rabu, 21 Juli 2010




indosiar.com, Garut - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau Lapan Minggu (20/06/10) siang, kembali melakukan uji coba peluncuran roket dengan muatan satelit mitigasi bencana di Pameungpeuk Garut, Jawa Barat. Peluncuran roket sebanyak 3 buah ini merupakan kerjasama tahap awal antara Lapan dengan Orari untuk membangun satelit mikro Lapan-Orari.

Setelah beberapa kali melakukan uji terbang roket Lapan di Pameungpeuk Garut, Jawa Barat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional kembali melakukan uji coba peluncuran roket sebanyak tiga buah, dengan jenis yang sama yaitu roket jenis RX 200. Roket RX 200 hasil karya Lapan ini, bermuatan satelit mitigasi bencana, diluncurkan satu persatu dengan rentang waktu masing-masing 90 menit.

Roket pertama, untuk uji dinamika terbang roket dan dua roket berikutnya membawa muatan komunikasi digital amatir radio Automatic Position Reporting System atau APRS. APRS inilah yang menjadi cikal bakal pembangunan satelit Lapan - Orari.

Uji coba peluncuran roket RX 200 ini merupakan hasil kerjasama antara Lapan dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia atau Orari. Roket RX 200 yang memiliki panjang 6,2 meter, berdiameter 420 milimeter dan berat 1 ton ini, mampu menjelajah ke udara hingga ketinggian mencapai 23 kilometer dalam waktu kurang dari 1 menit.
Misi satelit Lapan - Orari yaitu membantu upaya penanggulangan bencana alam, dengan menyediakan sarana komunikasi amatir radio di lokasi bencana. Selain itu juga, memanfaatkan PHF radio Biken dengan frekuensi 145 Mhz bagi komunitas Orari. Nantinya, anggota Orari akan menerima sinyal dari muatan roket yang diluncurkan pada frekuensi tersebut. Selama ini, komunikasi Orari sering terhambat karena terhalang gunung

0 komentar: